Makanan Enak: Cara Membuat Bakpao

cara membuat bakpao

Siapa yang tidak kenal dengan bakpao, makanan dengan bentuk lucu dan juga memiliki beragam jenis varian di dalamnya. Menu makanan yang satu ini memang khas Asia, mudah sekali menjumpainya entah itu di dalam negeri ataupun luar negeri, khususnya adalah negara China yang memang menjadi negara asal dari jajanan tersebut. Mulai dari bakpao isi kacang hijau, cokelat, isi ayam hingga isi sayuran ada, semuanya bisa disesuaikan dengan selera. Cara membuat bakpao yang satu ini juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau di pasaran.

Namun selain dengan membelinya, agaknya Anda juga bisa membuatnya sendiri, karena bukan hal yang sulit untuk memasak hidangan nikmat tersebut. Bakpao yang bagus umumnya tak hanya memiliki tekstur yang empuk saja, melainkan juga dapat mengembang secara sempurna ketika sudah dikukus. Bagi pemula tak jarang sulit sekali untuk mendapatkan hasil yang sempurna ketika membuat bakpao tersebut.

Entah itu karena adonan yang dibuat salah, atau proses mengukusnya yang tidak tepat, salah satu masalah yang paling sering dialami ketika membuat bakpao tak lain adalah hasil akhirnya keriput. Padahal sebenarnya bakpao yang bagus adalah bisa mengembang sempurna, mulus dan tidak ada bagian yang keriput sama sekali di permukaannya. Bisa jadi pada saat pembuatannya tidak tepat, berikut ini diantara makanan enak yang tepat agar hasil akhirnya sempurna tanpa keriput, yaitu:

cara membuat bakpao

  1. Ketika memasak atau mencampur adonan dari bakpao, maka pastikan bahwa adonan yang dibuat tersebut benar-benar kalis sebelum nantinya dibentuk, ini adalah hal yang sangat sederhana, namun sering kali disepelekan oleh masyarakat. Adonan yang kalis umumnya ketika dipegang tidak terasa lengket atau lembek di tangan, begitu juga teksturnya yang tidak terlalu pera atau kasar, sehingga nantinya dapat mengembang secara sempurna ketika sudah dimasak.
  2. Pastikan takaran bahan yang digunakan benar, kunci utama dalam pembuatan kue agar tampilannya bagus dan rasanya juga enak tak lain adalah takaran, karena sering kali seseorang mengesampingkan takaran ini, padahal sebenarnya penting karena formula utama saat dimasak bergantug akan takarannya, untuk itu jangan sampai salah dalam menentukan jumlah takaran masing-masing bahan.
  3. Jangan menggilas adonan terlalu tipis, beberapa orang mungkin menyukai bakbao yang lebih banyak isian di dalamnya dengan kulit setipis mungkin, namun juga patut untuk diketahui, jika seandainya ketebalan kulit terlalu tipis, maka hal ini juga akan mempengaruhi bentuk dari bakpao tersebut, tidak dapat menyembang smepurna sehingga tampak penyok atau ketiput di beberapa bagian. Jadi lebih baik gilas dalam ukuran yang tepat.
  4. Waktu mengukus juga harus diperhatikan, beberapa orang yang masih awam mungkin agak bingung menentukan waktu yang tepat dalam mengukus adonan tersebut, apakah sudah benar-benar matang atau tifdak selalu menjadi pertanyaan. Padahal waktu terbaik dalam memasak bakpao adalah sekitar 8 menit, jangan sampai lebih dari 10 menit, karena semakin lama dikukus nantinya akan mengubah bentuk dari bakpao menjadi tidak sempurna, kian mengembang dan setelah dikeluarkan akan keriput, jadi pertimbangan waktu mengukus ini juga sangat penting untuk dilihat, jika perlu gunakan timer agar tidak kelupaan.
Baca Juga :  Resep Es Campur Buat Kawula Muda

 

.