Macam – Macam Makanan Khas Cirebon Yang Enak dan Murah

makanan khas cirebon

Makanan khas cirebon sangat beragam. Sebut saja empal gentong atau nasi jamblang yang sudah terkenal ke seluruh penjuru daerah di Indonesia. Tidak salah jika kemudian dua makanan khas Cirebon ini cukup mudah untuk didapatkan di kota besar seperti Jakarta, Bandung dan juga Surabaya. Namun sesungguhnya masih banyak sekali kuliner Cirebon yang tak kalah enak dan juga dengan harga yang murah. Terlebih beberapa kuliner Cirebon sangat unik karena lokasinya yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Perpaduan dua budaya yang berbeda tentu bisa dirasakan lewat kuliner khas Cirebon yang terkenal nikmat.

Kira-kira apa saja makanan khas Cirebon yang tidak boleh Anda dilewatkan saat bertandang ke Kota Udang ini? Mari kita simak informasinya: Naked Url

  • Rujak Kangkung

Rujak kangkung ini memang mirip dengan kuliner khas Lombok, plecing kangkung. Rujak kangkung ternyata cukup populer juga di beberapa daerah sekitar Cirebon seperti Brebes, Tegal dan kota asalnya Kuningan. Rujak kangkung ini menggunakan resep rujak kangkung yang sudah direbus. Kemudian disiram dengan bumbu rujak yang sudah dicampur dengan terasi khas Cirebon. Warna sambal rujaknya umumnya berwarna merah, berbeda dengan plecing kangkung yang menggunakan sambal kacang.

  • Nasi Jamblang

Tak lengkap rasanya jika wisata ke Cirebon tanpa mencicipi kuliner khas Cirebon yang satu ini. Nasi Jamblang punya ciri khas dengan bungkus daun jati. Berbeda dengan nasi liwet asal Sunda yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi Jamblang awalnya dikenal dari Desa Jampang, Kabupaten Cirebon. Karena unik dan juga murah, nasi jamblang akhinya mulau populer dijajakan di wilayah lain di Cirebon.

  • Empal Gentong

Tidak berbeda jauh dengan nasi jamblang, kuliner khas Cirebon yang satu ini memang sudah menjadi ikon makanan enak dari Cirebon. Empal gentong dijajakan dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Aromanya sangat berbeda karena dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar. Kuah kuning empal gentong sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas. Rasanya gurih dan menyegarkan di mulut. Kuahnya saja sudah enak, apalagi jika ditambah dengan isian yang istimewa seperti daging sapi pilihan dan beberapa aneka jeroan. Beberapa jeroan yang bisa dipilih sebagai sajian istimewa empal gentong seperti babat, usus, limpa, paru dan tentu saja daging sapi yang lembut.

  • Docang

Docang merupakan makanan khas Cirebon yang juga cukup populer di Bogor, Jawa Barat. Docang hampir mirip-mirip dengan kupat tahu Singaparna, Garut. Isian docang biasanya berupa lontong, tauge, parutan kelapa ditambah dengan daun singkong dan taburan kerupuk. Salah satu ciri khas docang adalah siraman kuah panas, sambal docang dan tempe bungkil atau oncomnya.

  • Mi Koclok

Buat yang suka dengan kuliner mi, wajib cobain Mi Koclok. Mi Koclok memang pas dinikmati saat malam hari sebagai penutup, terutama saat musim hujan. Mi Koclok disajikan dengan irisan telur rebus, ayam yang disuwir, tauge, serta tambahan bawang daun. Kuahnya berwarna putih dan cukup kental. Beberapa warung Mi Koclok baru buka saat sore hari sehingga cukup sulit untuk mendapatkan Mi Koclok saat pagi atau siang hari. Meskipun ada, namun jumlahnya tak terlalu banyak.

  • Nasi Lengko

Selain nasi jamblang, kuliner khas Cirebon yang juga wajib kamu santap adalah nasi lengko. Jika sudah pernah menikmat nasi pecel, pasti akan menganggap nasi lengko ini sebagai nasi pecel khas Cirebon. Nasi lengko dipadukan dengan beberapa sayuran seperti tauge, daun bawang, timun, potongan tahu tempe. Ciri khas nasi lenko disiram dengan kuah bumbu kacang yang jadi favorit para penyuka kuliner pedas. Nasi lengko semakin harum dan nikmat karena ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun kucai.

 

Baca Juga :  Beberapa Resep Kue Kering Terbaru

.