Manfaat Udang, Menu Olahan Ayam

menu olahan ayam

Sering kehabisan ide untuk menu olahan ayam? Stok ayam di rumah ada sih tapi, enaknya dibuat apa ya? Coba minggu ini ingat-ingat sudah masak ayam berapa kali? Selain dibuat ayam goreng, ayam woku, ayam geprek, terus mau masak ayam lagi? Boseen.

Kalau gitu coba kalian masak makanan laut. Misalnya udang. Udang ini bisa juga dimasak bersama ayam lho. Coba kalian tumis ayam, udang dengan wortel dan brokoli. Jadi deh menu olahan ayam capcay ala rumah yang lezat.

Nah, sebelum itu, kalian perlu tahu manfaat  dar udang nih. Ada apa aja ya? Yuk simak artikel berikut.

  •  Penyeimbang Hormon

Eh, hormon apa nih? Hehe. Udang ini memiliki kandungan selenium, vitamin B12, protein, fosfor, kolin copper dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi udang, hormon dalam tubuh bisa terjaga. Apalagi, kalau kita sering melakukan aktivitas cukup berat seperti olahraga, nah makan udang sangat untuk membentuk masa otot. Udang juga membantu memproduksi hormon dan menyeimbangkannya.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan penyalkit yang bebahaya dengan tingkat kematian yang tinggi. Risiko kanker bisa dicegah dengan mengkonsumsi udang. Dalam 4 ons udang terdapat 56 mikrogram yang cocok untuk memenuhi kebutuhan mineral di dalam tubuh. Mineral yang dibutuhkan ialah selenium. Selenium adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Dalam beberapa penelitian, kandungan selenium di dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita. Jadi kanker bisa dicegah.

  • Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Antidepresi

Depresi adalah keadaan tertekan yang tingkat kematiannya cukup tinggi. Selain kanker, depresi ini jauh lebih menyakitkan. Dalam udang yang mengandung omega3, zat besi dan vitamin, dapat mengurangi depresi. Kok bisa? Nutrisi dalam udang inilah yang menjadi salah satu antidepresi. Bukan berarti sehabis makan udang langsung gak depresi lho ya. Tetap harus konsultasi pada ahli dan juga berolahraga seperti lari atau yoga. Nah, udang dapat menjadi faktor pencegah penyakit gagal jantung. Zat selenium yang terkandung dalam udang inilah fatornya, ternyata kekurangan selenium dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung. Omega 3 pada udang juga berfungsi sangat baik bagi otak. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa udang memiliki kandungan omega 3 berperan aktif untuk menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit gagal jantung.

  • Sumber makanan kaya protein dan meningkatkan nafsu makan
Baca Juga :  Resep Es Gabus Pelangi Nostalgia

Sedang tidak mood makan? Nah dengan mengkonsumsi udang menjadi saran banyak orang untuk meningkatkan nafsu makan. Kok bisa? alasannya karena udang mengandung banyak protein yang jika dikonsumsi akan menjadi zat bernama peptida. Peptida ini zat yang ada di dalam tubuh yang merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah CCK yang banyak inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang. Memang kalau sudah lihat udang bawaannya pengen nambah melulu. Tapi makan udang juga jangan telalu banyak lho ya meskipun udang menjadi salah satu makanan yang memiliki sumber protein tubuh. Kandungan protein yang sangat baik di dalam udang menjadikan seafood ini masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia. Tidak hanya dapat mencuupi kebutuhan tubuh karena memiliki protein, udang juga memiliki vitamin B. Vitamin inilah yang dapat menstabilkan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia.

 

.