Aneka Masakan Ayam Berkuah: Resep Bakso Ayam

resep bakso ayam

Bakso termasuk salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia, bahkan semua kalangan menyukainya dan sangat mudah dijumpai di pasaran dengan harga terbilang murah. Merupakan makanan yang dibuat dari daging sapi yang digiling, dicampur bumbu-bumbu dan nantinya dibuat dalam bentuk bulat, disajikan bersama dengan kuah yang gurih dan juga beberapa bahan pelengkap lainnya. Hanya saja beberapa orang tak jarang melakukan modifikasi karena selera, seperti diantaranya tidak menggunakan daging sapi, melainkan menggantinya dengan ayam. Salah satu resep bakso ayam ini memang sangat dinikmati oleh masyarakat.

Khususnya bagi mereka yang memang kurang menyukai daging merah, maka daging ayam ini adalah alternatif terbaik, apalagi rasanya juga tak kalah enak dibandingkan dengan bakso sapi. Di pasaran juga banyak yang menawarkan bakso ayam ini, hanya saja konsumen juga patut untuk berhati-hati, mengingat pada dasarnya memang tidak semua bakso yang dijual di pasaran menjamin keamanan, tak jarang diantaranya yang berbahaya karena dicampur dengan beberapa bahan seperti diantaranya adalah boraks, atau yang paling parah tidak menggunakan daging yang layak konsumsi.

resep bakso ayam

Untuk membuat bakso dari daging ayam tersebut sangatlah mudah, berikut ini aneka masakan ayam berkuah nikmat yang bisa dicoba di rumah. Hanya saja terkadang beberapa orang sering kali tidak mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatannya, entah itu rasanya yang kurang nikmat, kurang mengembang sempurna, lembek atau tidak kenyal. Untuk itu maka berikut ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, yaitu:

  1. Pakailah baking powder, karena pada dasarnya daging ayam memang agak berbeda dibandingkan dengan daging sapi, sulit sekali untuk padat dan terkesan lembek ketika sudah jadi, maka kunci untuk mendapatkan bakso yang padat dan kenyal adalah dengan meningkatkan pH nya, diantaranya adalah dengan menambahkan baking powder dalam jumlah yang tepat, menyesuaikan dengan takaran daging yang akan dibuat bakso.
  2. Pilihlah bagian dada ayam dan giling sampai halus, untuk bagian terbaik dalam membuat bakso adalah dada, karena disini kandungan dagingnya lebih tinggi dan juga minim lemak, selain itu dada ayam juga lebih kenyal dagingnya dibandingkan dengan bagian yang lain. Hendaknya digiling sampai benar-benar halus.
  3. Sedikit saja penambahan tepung kedalamnya, ini adalah bagian yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu komposisi dalam penambahan tepung pada daging yang sudah digiling tersebut, jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak maka nantinya akan mempengaruhi rasa bakso tersebut menjadi tidak gurih lagi, lebih dominan dengan rasa tepung yang kenyal.
  4. Menambahkan es batu kedalam adonan bakso, hal ini sangatlah penting, karena dengan menambahkan air es batu yang dingin, nantinya berfungsi untuk melekatkan atau mengikat serat-serat daging tersebut secara optimal. Sehingga pada saat adonan tersebut dibentuk maka nantinya akan menjadi padat sempurna dan juga lebih kenyal.
  5. Rebus dalam api yang kecil, untuk proses memasaknya maka bagian terpenting adalah api yang digunakan, jangan memakai api yang terlalu besar, cukup yang kecil saja sehingga nantinya bakso bisa matang secara sempurna, jika terlalu sebentar direbus karena api yang digunakan terlalu besar, maka nantinya bakso tidak akan matang sempurna.
Baca Juga :  Makanan Enak: Cara Membuat Bakpao

 

.