Resep Es Gabus Pelangi Nostalgia

resep es gabus

Es Gabus, siapa yang pernah makan es favorit satu ini? Ya, es gabus memang akrab di kalangan anak-anak tempo dulu alias tahun 90-an. Apalagi saat cuaca terik dan sehabis bermain di bawah matagari, es gabus selalu jadi jajanan pilihan yang paling diminati anak-anak dari beragam usia. Hampir di setiap sekolah, setiap kantinnya pasti menjual es kesayangan semua murid ini. Tak heran sih, es yang dulunya dibanderol seharga Rp. 100 rupiah ini memang enak dan memberikan sensasi tersendiri ketika dimakan karena terasa empuk. Umumnya es gabus diberi warna-warna lembut seperti hijau muda, merah muda, dan lainnya. Namun, ada juga varian es gabus yang paling diminati anak-anak sekolah dasar karena warnanya yang menyerupai pelangi yaitu es gabus pelangi.

Rasa empuk es gabus dikarenakan bahan-bahan yang digunakan, antara lain tepung hunkwe yang merupakan bahan dasar es murah meriah ini. Adonan tepung hunkwe yang sudah dicampur dengan bahan tambahan lain lalu dibekukan dan hasilnya adalah es gabus empuk nikmat yang digemari semua kalangan.

Sayangnya saat ini, es gabus seolah sudah hampir punah karena jarang ditemukan di kantin-kantin sekolah maupun warung-warung kecil. Es gabus pun jadi jajanan zaman dulu yang hampir terlupakan. Meski bagi kita generasi tahun 90an, es gabus selalu di hati dan mampu menciptakan nostalgia masa kecil yang menyenangkan. Namun, Anda tak perlu berkecil hati karena kali ini kita akan membahas resep es gabus yang bisa dipraktekkan dengan mudah di rumah. Inilah dia resep es gabus pelangi nostalgia khusus untuk Anda.

Bahan :

  • 1 liter santan kelapa segar
  • 100 gram tepung hunkwe (bungkus kuning)
  • 200 gram gula pasir atau sesuaikan dengan selera
  • Garam sebagai penyeimbang rasa, secukupnya
  • Pewarna makanan merah, hijau, kuning, dan biru
Baca Juga :  Aneka Resep Es Buah untuk Jualan

Cara mengolah :

resep es gabus

Masukkan tepung hunkwe, gula pasir, dan garam ke dalam santan. Masak campuran santan tadi di atas kompor hingga membentuk cairan kental dan dipastikan telah matang. Bagi cairan tepung santan tadi menjadi empat bagian terpisah pada mangkuk dan masing-masing diberi pewarna. Siapkan Loyang persegi panjang yang sebelumnya telah dibasahi dengan air. Tuang adonan satu persatu dimulai dari adonan berwarna merah, biarkan agak mengeras, lalu lanjutkan ke adonan warna hijau. Begitu seterusnya hingga adonan hunkwe habis. Biarkan adonan dingin dan mengeras sempurna. Potong-potong adonan menjadi persegi panjang kecil, bungkus dengan plastik es lalu masukkan ke dalam freezer. Nikmati saat es sudah mengeras dan dingin sempurna.

Ternyata mudah bukan membuat es gabus pelangi nostalgia? Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuat camilan es gabus ini antara lain,

  • Ekonomis karena bahan-bahan es ini tergolong murah dan sangat mudah didapat. Proses pembuatannya pun tak memerlukan cara khusus dan tak memakan waktu yang lama.
  • Sehat karena tak menggunakan bahan-bahan kimia kecuali pewarna. Namun, jika Anda ingin mengganti pewarna dengan pewarna alami yang dibuat sendiri seperti dari pandan untuk warna hijau segar atau buah naga untuk warna merah merona, tentu saja hal itu akan lebih baik dan lebih sehat.
  • Menguntungkan karena Anda bisa menjual es gabus pelangi nostalgia yang sudah dibuat. Jual dengan harga terjangkau agar cepat laris dan modal segera kembali.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai resep es gabus pelangi nostalgia yang bisa langsung Anda eksekusi di rumah untuk stok cemilan sehat dan lezat untuk sang buah hati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga :  Resep Es Pisang Ijo Favorit

.